Senin, 13 Agustus 2012

Manfaat Air Bagi 7 Organ Tubuh


Manfaat Air Bagi 7 Organ Tubuh
Setiap makhluk hidup membutuhkan air termasuk manusia. Tubuh manusia terdapat sekitar 55 persen air, dan manusia tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa air.
Air dalam tubuh manusia tidak datang dengan sendirinya. Manusia harus mengkonsumsi air guna memberikan dampak positif bagi tubuh. Lalu apa saja sebenarnya pengaruh air bagi tubuh manusia? Berikut adalah pengaruh air bagi 7 bagian tubuh manusia :
  • Otak
    Tubuh yang mendapatkan air dengan cukup akan membuat mood lebih stabil, daya ingat lebih tajam dan menimbulkan motivasi yang baik. Dengan tercukupinya air dalam tubuh, otak kita akan dapat berpikir dengan lebih baik dan akan semakin mampu memecahkan masalah. Kurangnya air akan menyebabkan aliran oksigen ke area otak berkurang, sehingga sel-sel saraf akan menyusut.
  • Mulut
    Air dapat membantu tenggorokan dan bibir lebih basah. Selain itu mencegah terciptanya mulut kering dan bibir pecah-pecah
  • Jantung
    Kurangnya air yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, dan dehidrasi dapat menyebabkan penurunan volume darah. Akibatnya jantung akan bekerja lebih maksimal dari biasanya. Itulah mengapa aktifitas seperti naik tangga atau berlari akan sangat melelahkan jika Anda kurang mengkonsumsi air.
  • Sirkulasi darah
    Mengapa tubuh kita kepanasan? Tubuh akan mengeluarkan panas dengan cara melebarkan pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit sehingga aliran darah lebih cepat dan panas lebih banyak yang dikeluarkan. Bila kita kekurangan cairan, dibutuhkan temperatur lingkungan yang lebih tinggi agar pembuluh darah melebar sehingga kita akan kepanasan.
  • Otot
    Air dapat berfungsi untuk kontraksi otot guna menyediakan nutrisi yang cukup dan mempermudah proses pembuangan dalam tubuh. Air memang dapat melumaskan sendi, namun kram otot tidak berkaitan dengan kekurangan air, karena kram otot disebabkan karena kelelahan otot.
  • Kulit
    Dehidrasi yang diderita seseorang dapat menyebabkan kulit menjadi kurang elastis. Kondisi tersebut memang berbeda dengan kulit kering, yang biasanya disebabkan oleh zat kimia, sabun, ataupun udara.
  • Ginjal
    Ini adalah organ terpenting yang paling membutuhkan asupan air. Ginjal menggunakan air guna menyaring ‘sisa’ dari peredaran darah guna membuangnya melalui urin. Tak hanya itu, kecukupan air bagi tubuh dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Dehidrasi berat mampu membuat ginjal berhenti berfungsi dan menyebabkan penumpukan racun di tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar